Friday, May 15, 2009

Bolehkah Bayiku Minum Susu Kental Manis (SKM) ?

Bolehkah bayiku minum Susu Kental Manis (SKM) ? Seharusnya JANGAN!!. Batas usia bayi antara 0-5 tahun tidak cocok mengkonsumsi susu kental manis (SKM). Hal ini sudah tertera dalam setiap kemasan SKM “Susu ini tidak cocok untuk bayi“. Mengapa? Di dalam setiap kemasan SKM dapat dilihat kandungan gizi yang terkandung di dalamnya, SKM kurang mengandung unsur gizi vital bagi pertumbuhan bayi.

Dibandingkan dengan susu formula khusus untuk bayi. Khususnya protein, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin B, dimana zat-zat tersebut berperanan penting dalam pembangunan sel dan tulang, memperkuat proses kontraksi otot dan fungsi syaraf serta melancarkan kerja jantung.

Selain kandungan gizi yang kurang, kandungan gula SKM cukup tinggi. Oleh karena itu cocok digunakan untuk pemanis es minuman, pemanis roti tawar dsb. Karena cukup manis maka sering kita menambahkan air hingga seencer mungkin agar anak kita dapat meminumnya seperti susu yang lain. Akibatnya kandungan gizi yang sudah rendah nilainya makin merosot saja.

Untuk bayi di bawah usia 1 tahun susu yang terbaik ialah ASI (Air Susu Ibu). Dan selebihnya dapat mengkonsumsi susu bubuk formula yang komposisi dan kandungan gizinya memang disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

No comments:

Post a Comment