Sunday, January 15, 2012

Langsing Melumpuhkan Rasa Lapar

Wow...langsingnya! Kok bisa ya? Padahal anaknya sudah 2. Ingin rasanya memiliki tubuh langsing...bisa gak ya?.Jawabannya ßΧÃ....! Kita harus mengetahui dan mengerti apa γɑиƍ terjadi dalam tubuh kita saat kita hendak memasukkan makanan.

Sebenarnya lemak dalam tubuh kita memproduksi sinyal kimia di dalam darah γɑиƍ memerintahkan tubuh untuk berhenti makan. Masalahnya seringkali kita melanggar sistem monitor internal dan terus mengisi perut dengan makanan padahal tubuh kita tidak lagi merasa lapar.

Salah satu zat kimia terpenting dalam proses pengurangan berat badan yaitu LEPTIN, sejenis protein γɑиƍ dikeluarkan oleh timbunan lemak. Arti kata leptin (Yunani=langsing): melumpuhkan rasa lapar dan mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dengan cara mengaktifkan CART(Cocaine Amphetamine Regulatory Transcript)yaitu pengatur unsur-unsur kimia di dalam otak.

Hormon leptin inilah γɑиƍ mengisyaratkan rasa kenyang. Masalahnya tubuh juga memiliki kemampuan untuk mengabaikan pesan leptin...kok bisa?

Hormon Leptin memerintahkan sistem pertahanan tubuh dengan mengirimkan zat kimia di pusat kepuasan(otak) untuk melindungi dari makanan enak. Di tempat berbeda di pusat kesenangan (otak) memberi sinyal "sudah lama tidak makan makanan ini, sekali-kali boleh lah".Respon ini disebut resistensi leptin/penolakan leptin.

Untuk kasus obesitas tubuh memiliki kadar hormon leptin tinggi dan tubuh juga menciptakan resistensi leptin tinggi juga (level akut) sehingga pusat kepuasan tidak bisa lagi menerima dan merespon sinyal-sinyal hormon leptin.

Penurunan berat badan (diet) dapat dilakukan secara efisien dengan memicu hormon leptin bekerja optimal dengan berolahraga misal berjalan kaki selama 30 menit γɑиƍ dapat menciptakan otot-otot agar sel-sel otak bisa menjadi lebih sensitif dan responsif terhadap hormon leptin. Silahkan dicoba dan buktikan!

No comments:

Post a Comment