Sunday, January 15, 2012

Monster Rasa Lapar

Lapar....lapar...orang ßî§ã berbuat apa saja ketika lapar....bahkan dapat saling membunuh, hanya untuk memuaskan rasa lapar. Mengapa demikian?...

Tahukah anda ketika perut kosong, muncullah zat kimia γɑиƍ disebut GHRELIN. Mirip Gremlin (Monster di serial anak-anak). Jika perut terasa lapar terjadi pergolakan, hormon ghrelin mengendalikan dan memerintahkan otak agar memasukkan makanan ke dalam perut dengan memberi rangsangan pada NPY(unsur-unsur kimia pembangkit selera makan).

Ghrelin memancing anda untuk makan sebanyak-banyaknya(rakus) dengan meningkatkan hormon ghrelin(ghre=pertumbuhan). Jika hormon ghrelin bertambah berarti hormon pertumbuhan beraksi bukan hanya ke atas tapi juga ke samping. Inilah penyebab kegemukan.

Peningkatan hormon Ghrelin membuat kita selalu makan...mengapa? Karena perut mengeluarkan gelombang ghrelin setiap 1/2 jam 1X .Jika seseorang sedang lapar atau diet maka frekwensi gelombang ghrelin menjadi lebih sering menjadi 20 menit 1X. Saat kita merasa kenyang maka nafsu makan pun menurun hal ini karena kadar hormon ghrelin pun menurun.

Saat anda merasa lapar... Waspadalah!, kendalikan monster rasa lapar anda dengan porsi makan γɑиƍ benar.

No comments:

Post a Comment